Hortikultura - Budidaya Tanaman Kebun

Hortikultura - Pertanian

Hortikultura

Juragandlieur; Hortikultura (horticulture) berasal dari bahasa latin “hortus” (tanaman kebun) dan “cultura/colere” (budidaya). Dari dua kata tersebut, hortikultura dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun atau cara menanam yang dapat dilakukan di pekarangan rumah atau kebun.
“Hortikultura adalah segala hal yang berkaitan dengan buah, sayuran, bahan obat nabati, dan florikultura, termasuk di dalamnya jamur, lumut, dan tanaman air yang berfungsi sebagai sayuran, bahan obat nabati, dan/atau bahan estetika”. (Pasal 1 ayat 1 UU Republik Indonesia No. 13 Tahun 2013).
Dilihat dari segi keilmuan yang merupakan cabang dari agronomi dan kesepakatan para ahli, hortikultura merupakan keilmuan yang mempelajari pembudidayaan tanaman kebun.
Budidaya yang dimaksudkan adalah budidaya tanaman sayuran, buah-buahan, bunga-bungaan, dan tanaman hias.

Hortikultura telah menjadi sebuah metode budidaya pertanian modern yang memfokuskan pada budidaya tanaman buah (pomologi/frutikultur), tanaman bunga (florikultura), tanaman sayuran (olerikultura), tanaman obat-obatan (biofarmaka), dan taman (lansekap) serta memiliki bidang kerja yang meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi.


Budidaya tanaman hortikultura yang telah dilakukan di Indonesia, yaitu :
  • Pomologi / Frutikultur : Manggis, Mangga, Apel, Durian, Salak, dll
  • Florikultura : Melati, Mawar, Krisan, Anyelir, Begonia, Bugenvil, dll
  • Olerikultura : Cabai Merah, Bawang Merah, Bawang Putih, Kubis, Kacang Panjang, Tomat, Selada, Bayam, Wortel, Kentang, (Melon & Semangka: termasuk kelompok tanaman sayuran yang di panen buahnya) dll
  • Biofarmaka : Purwoceng, Rosela, Kunyit, dll
  • Lansekap : Taman Bali, Taman Jawa, dll

Indonesia yang terletak di tropis membuat Indonesia menjadi surga biodiversitas (keanekaragaman hayati) komoditas hortikultura.
Komoditas utama hortikultura dibagi menjadi 3 (tiga) aspek komoditas :
  1. Komoditas prioritas : jeruk, pisang, mangga, manggis, durian, anggrek, cabai merah, bawang merah, dan kentang
  2. Komoditas unggulan : pepaya, salak, nenas, apel, anggur, tomat, kubis, kacang panjang, buncis, mawar, anyelir, lili, krisan, sedap malam, dan dracaena.
  3. Komoditas prospektif : semangka, melon, markisa, jambu, kesemek, rambutan, alpokat, lengkeng, sayuran asli Indonesia (indigenous), dan tanaman hias tropika.


Judul :

Hortikultura | Juragandlieur


Tag : #pertanian

Comments



Popular Posts

Alat Untuk Mengukur Penguapan - Penguapan

Peran Air Bagi Tumbuhan

Sifat Bahan Pangan - Bahan Pangan

Manfaat Klimatologi

Alat Untuk Mengukur Suhu Udara